© 2018 by TOSA. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • Twitter Social Icon

October 10, 2017

Please reload

Recent Posts

What to Do in Toraja: A Cycling Tour!

October 29, 2017

1/6
Please reload

Featured Posts

Lo’ko’ (Gua) Kambuno Toraja. Wisata Bersejarah Dengan Aroma Mistis Yang Eksotik

May 30, 2017

 

Project Baine Toraya – Toraja adalah daerah dengan beragam Wisata Alam dan Budaya yang tidak pernah ada habis-habisnya. Selain komentar Unik, kata kagum juga tak terhitung untuk Alam Toraja yang kita punya. ketika anda bertanya kepada Wisatawan. apa yang anda ingin lihat di Toraja? sebagian besar menjawab “Saya Penasaran Dengan Kuburan-kuburan  yang ada di Toraja like Stone Grave, Tree Baby Grave, Hanging Grave” itu tidak bisa di pungkiri bukan?

 

Nah, sekarang saya menulis sesuatu yang berbeda untuk anda, baru-baru ini ada beberapa postingan gambar di  dunia maya tentang WISATA BARU TORAJA : LO’KO’ KAMBUNO TORAJA. Lo’ko’ Kambuno atau Gua Kambuno adalah Pemakaman Gua Pribadi milik masyarakat Limbu yang diawasai oleh Tongkonan Garau. Gua ini berlokasi di Limbu Kelurahan Sarira, Kecamatan Makale Utara, Tana Toraja dan berjarak +- 9 KM dari pusat kota Makale.

 

Selain bisa menyaksikan pemakaman leluhur warga setempat, di Lo’ko Kambuno ini juga menawarkan wisata petualangan yakni penelusurun gua. Memiliki panjang 200 meter, gua ini menawarkan ornamen gua yang indah dengan aula besar di dalamnya ( stalaktit dan stalagmit yang mempesona)

 

 

Uniknya, di dalam gua ini terdapat sebuah gendang batu yang dikeramatkan karena dapat mengeluarkan nada. Siapa pun yang masuk ke dalam gua tersebut diwajibkan memukul gendang batu tersebut. Objek wisata ini memang baru dirintis dan diperkenalkan masyarakat sebagai salah tempat tujuan wisata baru yang menawarkan wisata sambil bertualang. Selain tempat pemakaman leluhur warga setempat, Lo’ko ini dulunya difungsikan warga sebagai tempat persembunyian saat pasukan Bone menyerang Toraja.

 

“Loko ini berusia ratusan tahun, ada puluhan jenazah leluhur kami dimakamkan di dalam. Lo’ko ini juga tempat persembunyian saat terjadi perang dengan Bone. Jadi lokasi ini juga punya nilai sejarah,” jelas Kepala Kampung B.S. Parura yang kami kutip dari travel.rakyatku.com

 

Satu pesan dari mereka yang sudah pernah berkunjung kesana bahwa jika memasuki kawasan gua ini harus didampingi oleh pihak keluarga. jadi sebagai bentuk hormat kita jangan sampai masuk sembarangan ya.. (eunikepakiding)

Sumber artikel:

https://bainetorayaproject.wordpress.com/2017/01/14/loko-gua-kambuno-toraja-wisata-bersejarah-dengan-aroma-mistis-yang-eksotik/

 

Sumber gambar:

Tribunnews.com

Share on Facebook
Share on Twitter