© 2018 by TOSA. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • Twitter Social Icon

October 10, 2017

Please reload

Recent Posts

What to Do in Toraja: A Cycling Tour!

October 29, 2017

1/6
Please reload

Featured Posts

Agrowisata Ala Tana Toraja Ada di Pango-pango

June 5, 2017

 

Tana Toraja - Bukan hanya kopi yang bisa dinikmati dari Tana Toraja. Kamu juga bisa menikmati agrowisata sejuk berselimutkan awan di daerah penghasil kopi, Pango-pango.

detikTravel mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Pango-pango bersama dengan rombongan Kementerian Pariwisata, Senin (24-1/2017). Pango-pango merupakan agrowisata yang terletak di Kota Makale, Tana Toraja (Tator).

Kawasan wisata ini berada di puncak Gunung Pango-pango. Itu kenapa nama destinasi wisatanya dinamakan Pango-pango juga.

Tidak ada yang tahu dari mana asal nama Pango-pango. Tapi semua masyarakat Tator tahu kalau pemandangan dari Pango-pango tidak ada duanya.
 

 

Seperti namanya, ini adalah wisata kebun kopi yang punya pemandangan ke Kota Makale dan Rantepao. Berada di ketinggian 1600 mdpl, hawa sejuk akan menyambut traveler yang datang ke sini.
 

Kalau traveler membayangkan hanya akan bertemu tanaman kopi, itu salah banget! Ada taman piknik dan gazebo juga yang ada di sekitar taman.

Selain itu ada juga bunga-bunga cantik yang jadi taman. Belum ada banyak, karena masih dalam tahap pengerjaan.

Di sisi taman gazebo akan terlihat 2 bangunan serupa rumah. Ini adalah villa yang juga sedang dalam tahap penyelesaian. Jadi nantinya, traveler bisa tinggal beberapa hari untuk bersantai.

Apalagi yang bisa nikmati? Karena ini adalah kawasan puncak gunung, maka sudah pasti setiap sudutnya Instagenik.

 

 
Siapkan kameramu! Ada 2 waktu terbaik menikmati Pango-pango, sunrise dan sore hari. Saat sunrise, traveler akan disajikan oleh awan 3 warna yang nampak pada pukul 05.30 - 09.00 WITA.
 

Menjelang sore, kabut akan naik untuk menyelimuti taman. Traveler akan dibuat seperti sedang berselimut awan. Atraksi ini bisa traveler nikmati mulai pukul 15.00 WITA.

 

Suasana akan terasa makin dingin dengan turunya kabut. Ini jadi saat yang tepat untuk minum kopi Toraja.

Di samping taman sudah ada warung yang menyediakan kopi dan jajanan ringan. Traveler akan dibuatkan kopi asli Toraja, bukan kopi abal-abal.

Fasilitas berupa toilet juga sudah disediakan. Traveler yang mau mengeksplorasi Pango-pango bisa berangkat dari Kota Makale dengan menyewa mobil.

Karena tranportasi menuju tempat ini belum ada. Waktu yang harus ditempuh sekitar 30 menit. Tarif masuknya hanya Rp 10.000 per orang karena parkirnya gratis.

"Nantinya akan ada kebun buah juga. Jadi pengunjung bisa membeli buah dan bunga langsung dari Pango-pango. Tapi kami akan membatasi, tiap orang hanya boleh membawa 5 kg belanjaan," tutup Nicodemus Biringkanae, Bupati Tana Toraja.

 

Sumber artikel dan gambar:

https://travel.detik.com/domestic-destination/3404348/agrowisata-ala-tana-toraja-ada-di-pango-pango

http://jelajahtoraja.blogspot.co.id/2014/05/pango-pango.html#.WTTI5euGPIU

 

Share on Facebook
Share on Twitter